Kamis, 24 Juni 2010

Wisata Alam Taman Hutan Raya (THR) Ir. H. Juanda (Jawa Barat)


A. KEADAAN FISIK KAWASAN

Dasar hukum, letak dan luas

Wisata Alam Curug Dago ditetapkan sebagai Taman Hutan Raya berdasarkan Keputusan Presidan No. 3 Tahun 1985 dengan luas 590 Ha, serta diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 14 Januari 1985.

TAHURA Ir. H. Juanda secara administrasi pemerintahan terletak di Kecamatan Cicadas dan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat, sedangkan secara geografis TAHURA Ir. H. Juanda terletak pada 10730’ Bujur Timur dan 6052’ Lintang Selatan. Pengelolaannya berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 192/Kpts-II/1985 diberikan kepada Perum Perhutani Unit III Jawa Barat.

Potensi sumber daya alam

a. Topografi

TAHURA Ir. H. Juanda memiliki topografi bergelombang ringan, agak curam dan terjal berada pada ketinggian 770 m s/d 1.330 m di atas permukaan laut.

b. Iklim

Menurut klasifikasi iklim Schmid dan Ferguson TAHURA Ir. H. Juanda termasuk tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata 2.500-4.500 mm per tahun. Suhu udara berkisar antara 22°C-24°C.

B. POTENSI BIOTIK KAWASAN

Flora

TAHURA Ir. H. Juanda memiliki tipe vegetasi hutan alam sekunder yang didominasi oleh jenis pohon Pinus (Pinus merkusii), Kaliandra (Calliandra callothyrsus), Bambu (Bambusa sp.) dan berbagai jenis tumbuhan bawah seperti tumbuhan Teklan (Euphatorium sp.).

Fauna

Fauna yang terdapat di dalam kawasan TAHURA Ir. H. Juanda antara lain Musang (Paradoxurus herma paproditus), Tupai (Callosciurus notatus), Kera (Macaca insularis) serta berbagai jenis burung seperti Kepondang (Oriolus chinensis), Kutilang (Pycnontus caferaurigaster) dan Ayam hutan (Gallus gallus bankiva).

C. POTENSI WISATA ALAM

Daya tarik obyek

TAHURA Ir. H. Juanda memiliki daya tarik wisata alam yang cukup beragam seperti pemandangan alam, flora dan fauna serta keadaan udaranya yang sejuk dan nyaman. Selain itu di dalam kawasan Taman Hutan Raya terdapat berbagai obyek wisata yang cukup menarik seperti Monumen Ir. H. Juanda yang terletak pada suatu plaza, gua-gua buatan peninggalan jaman Belanda dan Jepang, Kolam Pakar yang merupakan kolam buatan seluas 1,15 Ha milik PLN yang berfungsi sebagai tempat penampungan air yang berasal dari sungai Cikapundung untuk sumber pembangkit tenaga listrik. Serta terdapat 2 buah curug (air terjun) yaitu Curug Dago dan Curug Omas yang tingginya 35 m.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan

Beberapa kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan diantaranya adalah : Lintas alam, menikmati pemandangan alam, berkemah, mandi di air terjun dan lain-lain.

a. Sarana kemudahan dan pelayanan

Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata alam di TAHURA Ir. H. Juanda adalah : jalan masuk, pintu gerbang, ruang informasi, shelter, pos jaga, MCK, jalan setapak dan lain-lain.

b. Pencapaian ke lokasi

TAHURA Ir. H. Juanda dapat dicapai dari kota Bandung melalui route :

  • Terminal Kebun Kelapa - Dago antar stasiun Hall Dago 7 km.
  • Lembang - Maribaya - Cibodas 5 km.
D. PELUANG USAHA YANG DAPAT DIKEMBANGKAN

Peluang usaha yang dapat dikembangkan di TAHURA Ir. H. Juanda antara lain adalah : usaha jasa akomodasi dan konsumsi, usaha jasa pemandu wisata alam dan usaha jasa transportasi.

E. ALAMAT PENGELOLA :

Perum Perhutani Unit III Jawa Barat
JL. A. Yani No. 276
Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar