Jumat, 25 Juni 2010

Wisata Flora di Kebun Raya Cibodas

Di kawasan wisata Cipanas yang bersebelahan dengan puncak, terdapat objek wisata yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor Objek wisata ini bernama Kebun Raya Cibodas yang merupakan tempat pariwisata, pendidikan, konservasi, dan penelitian.

Kebun Raya Cibodas-LIPI berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan air laut dengan luas 84,99 hektar. Temperature rata-rata 20,06°C. kelembaban 80,82%, dan rata-rata curah hujan 2.950 mm per tahun.

Kami memasuki objek wisata ini setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua dari Bandung menuju ke arah Kebun Raya Cibodas. Suasana objek wisata ini cukup sejuk dan tenang karena jauh dari keramaian. Pemandangan yang kami temu ketika memasuki objek wisata ini adalah taman dan rindangnya pepohonan khas pegunungan.

Kebun Raya Cibodas didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann seorang kurator Kebun Raya Cibodas pada waktu itu dengn nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat aklimatisasi jenis-jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi yang tinggi. Salah satunya adalah Pohon Kina (Chinchona calisaya). Kemudian berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Cibodasdengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Mulai tahun 2003 status Kebun Raya Cibodas menjadi lebih mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas dibawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dalam Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Area Kebun Raya Cibodas cukup luas, berjalan beberapa saat saja kami masih menikmati rindangnya pohon dengan jenis yang sama. Akhirnya perjalanan kami lanjutkan menuju ke Taman Sakura yang terletak di sebuah lembah.









Bunga Sakura yang terletak di Kebun Raya Cibodas mempunyai nama latin Prunus cerasoides yang berasal dari Himalaya. Tanaman ini dapat berbunga dua kali dalam setahun. Selain bunga Sakura disini juga ditanam beberapa jenis tanaman Prunus, diantaranya Prunus costata dari Papua, Prunus arborea dari Jawa.


Ketika tiba di area Taman Sakura, tidak tampak bunga Sakura yang mekar. Yang tampak hanyalah ranting pohon Sakura saja. Kemudian perjalanan kami lanjutkan menuju ke arah air terjun Cibogo yang terletak disebelah Taman Sakura.



Cukup melelahkan berjalan-jalan ke Kebun Raya Cibodas tanpa membawa kendaraan pribadi. Sebetulnya masih banyak area yang kami kunjungi. Namun karena kelelahan, akhirnya kami beristirahat dan mengakhiri kunjungan ke tempat ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar